Hardi Wyn

What You See Is What You Get #sharing itu Indah

FLASHDISK

Tinggalkan komentar

PENGERTIAN FLASHDISK

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte. Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpan data yang berbentuk mungil, namun dibalik “kemungilannya” itu flashdisk merupakan salah satu alat untuk penyimpanan data dalam bentuk softcopy yang cukup populer di kalangan masyarakat modern sekarang. Bentuk yang dapat dikatakan relatif kecil dan ringan ini dianggap sangat praktis untuk perpindahan data dari komputer 1 ke komputer yang lain dibandingkan pendahulunya macam disket. Bahkan kelebihannya semakin maju dari tahun ke tahun, mulai dari kapasitas yang semakin besar (berdasar persaingan vendor yang mengeluarkan produk), bahkan kecepatan membaca dan menyalin data yang dikatakan semakin cepat tergantung dari merk yang ditawarkan oleh vendor yang memproduksi. Kapasitas pendahulunya (disket) yang hanya minimalis (max. 1,4Mb untuk disket 3.5 inchi) untuk digunakan pada zaman sekarang, membuat Flashdisk semakin menjadi pilihan bagi para pengguna. Kapasitas awal yang bermula mulai dari 128Mb hingga sekarang yang mencapai kapasitas mencapai 8Gb dengan harga yang dibilang cukup terjangkau. Komponen flashdisk bahkan lebih sederhana dan relative sedikit dibanding harddisk dan bahkan memiliki berbagai model yang lucu dan menarik. Dengan mengandalkan alat penghubung/konektor USB, sepertinya tidak akan sulit untuk men-colokkan alat ini diberbagai tipe komputer (bagi yang support USB port). Flashdisk sendiri dihitung dari masa “tugas” dapat bertahan hingga 10tahun namun bila digunakan untuk penggunaan normal dan perawatan yang baik.Bahkan untuk sistem operasi Microsoft Windows XP (sebagai contoh), sistem operasi Microsoft Windows XP (Autoplay memungkinkan untuk segera untuk menjalankan/menampilkan perangkat flashdisk yang merupakan perangkat Plug and Play secara otomatis pada layar sesaat setelah dicolokkan pada port USB.

Dalam sistem operasi Microsoft Windows XP flashdisk diimplementasikan sebagai USB Mass Storage Device, kita dapat membuat bootable windos XP dengan flash disk.

 

SEJARAH FLASHDISK

– Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000

– Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.

– Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr.Shoji Ariizumi.

 

KELEBIHAN FLASHDISK

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

 

CARA KERJA FLASHDISK 

Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Flashdisk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal).

Cara penggunaan USB Flash Drive sangat mudah karena menggunakan USB sebagai interfacenya. Hanya cukup menancapkan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting (bersifat “plug and play”) karena hampir semua sistem operasi terbaru dapat menginisialisasi driver. Hanya memang untuk Windows 98 masih perlu untuk menginstal driver yang biasanya sudah tersedia dalam paket USB Flash Drive. Berbeda dengan floppy disk maupun CDR/RW, USB Flash Drive memiliki keunggulan yaitu tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk memakainya. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW. USB Flash Drive juga tidak memerlukan tenaga baterai dan sangat ringan.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika Flashdisk tidak terbaca:

A. Cobalah di Komputer / USB yang lain. Bisa saja port USB yang anda gunakan memang rusak, jadi cobalah dahulu di pc yang lain atau port USB yang lain

B. Lakukan Format, ada beberapa cara memformat Flashdisk, diantaranya yaitu :

1. Format di Windows Explorer Klik Kanan Start explorer, klik kanan drive, Format – start

2. Format Melalui Disk Management Klik kanan My Computer > Manage dan di pilih Disk Management, klik kanan drive lalu Format

3. Format lewat under DOS

Hal ini dilakukan karena MBR (Master Boot of Record) Flashdisk yg bermasalah , caranya Ketik chkdsk /f E: (dimana E adalah drive flashdisk)
buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.* contoh ketik: DEL E:*.* Lalu format dengan perintah Dos Promt. Format E:

4. Format dengan software atau Tools, seperti :

  • HP USB Storage Formatter Tools Langkahnya, yaitu:
  1. Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware,
  2. Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows,
  3. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
  4. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
  5. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
  6. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan. Tools ini biasa digunakan untuk mengembalikan data – data yg kehapus di FD akibat format tapi juga bisa buat FD yg MBRnya bermasalah (cara penggunaannya find by googling), Tool-tool lain yang bisa digunakan diataranya LLFsetup2.36.1181, Format, dll.

C. Mengganti Drive Letter Flashdisk

Klik kanan My Computer > Manage dan di pilih Disk Management
Contoh jika drive Flashdisk anda adalah F, klik kanan Drive F: ( flashdisk anda), kemudian pilih menu Change Drive Letter and Path for F: rubah dengan drive lain contoh rubah dengan drive G.

D. Solder Kembali Komponen Flashdisk

Kalo yang ini tips dari temen saya, komponen yang ada pada flashdisk di re solder, tapi lakukan dengan hati-hati, jangan sampai malah merusak board atau komponen flashdisk yang lain.

E. Program ulang Mikrokontroller Flashdisk

Cara ini mungkin agak sedikit extreme, jika memang solusi garansi sudah tidak ada. Mikrokontroller mengendalikan segala aktifitas pembacaan dan penulisan pada flashdisk. Caranya buka flashdisk anda, dalam hal ini saya contohkan Flashdisk dengan merek Transcend seri Jetflash V30, di situ terlihat ada dua komponen berwarna gelap yang berbentuk segi empat. Komponen yang lebih besar adalah modul memory, modul memory tersebut menentukan besarnya kapasitas flashdisk. Komponen yang lebih kecil adalah mikrokontroller.

Merek dari mikrokontrollernya adalah ALCOR-AU6982. Merek dan serinya terlihat di board Mikrokontolernya, search ke google dengan nama “alcor AU6982 flash”, Download Toolnya lalu jalankan.

Penulis: Hardi Kristawan

Add / Follow me at Social Media : Facebook : Hardi Kristawan Twitter : @belumbernama E-mail : wayanhardi@gmail.com G+ : Hardi Kristawan Kontak Person : I Wayan Hardi Kristawan Br. Bengkel Kawan, Kediri, Tabanan, Bali 083117968626 PT. Iforte Solusi Infotek STIKI Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s