Hardi Wyn

What You See Is What You Get #sharing itu Indah

Software Pengolah Angka – Gnumeric

3 Komentar

Sekilas Tentang Gnumeric

Pengertian Gnumeric

Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti dapat didownload dari internet dan dapat dipergunakan secara gratis. Multiplatform berarti aplikasi ini dapat digunakan atau dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris dan Windows. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang lengkap. Gnumeric merupakan bagian dari lingkungan desktop GNOME. GNOME merupakan suatu projek untuk membuat suatu lingkungan desktop yang gratis dan mudah digunakan bagi penggunanya. Sebagaimana komponen GNOME yang lain, Gnumeric juga merupakan software gratis (open source) yang memiliki jenis lisensi dibawah terminologi GNU GPL.
Gnumeric juga dapat mengimport file-file dari Excel, 1-2-3, Applix, SYLK, XBase
dan Oleo. Gnumeric dikembangkan untuk menggantikan spreadsheet komersial
yang ada pada saat ini. Spreadsheet ini dikembangkan dengan kompiler GNU C
(gcc) dan user interface didesain dengan menggunakan desainer Glade GUI.
Program ini dapat didownload melalu situs http://www.gnome.org/projects/gnumeric/

Gambar 1 : Interface Gnumeric

Kemampuan program Gnumeric ini meliputi:

  1. 95% fungsi buit-in Excel serta 100% fungsi untuk engineering, melakukan
    perhitungan antar sel maupun antar lembar kerja, nama dapat didefinisikan oleh
    user (untuk rentang dan fungsi), fungsi array, dan menggambar bangun
    sederhana (garis, lingkaran dan kotak).
  2. Autofill dan juga dapat menebak isian secara automatis, melakukan parsing isian user menjadi angka dengan format yang diinginkan. Tersedia alat bantu untuk analisis data seperti Anova, Korelasi, Kovarian, Statistika Desktriptif, F-Test untuk dua sampel, angka acak, sampling, dan Z-Test untuk banyak sampel.
  3. Mencetak dengan header dan format, mengatur format seperti pada program
    Excel, meliputi angka (umum, angka, mata uang, akutansi, tanggal, waktu,
    persentase, pecahan, scientific, teks, khusus, pilihan sendiri), perataan, jenis
    huruf, border, warna latar belakang sel, proteksi sel.
  4. Dapat mengimport dari format Excel, xml, html, csv, 1-2-3, GNU Oleo.
  5. Dapat mengeksport ke dalam format Comma Separated Values (csv), Data Interchange Format (dif), HTML baik versi 3.2 maupun 4.0, LATEX, LATEX2e, DVI (melalui groff), Troff (me), PDF (melalui groff/gs), plain text, dan Excel 95.

 

Lembar Kerja Gnumeric

Begitu pengguna menjalankan Gnumeric, program ini akan memunculkan sebuah window untuk pengguna. Berikut ini adalah penjelasan komponen-komponen antarmuka Gnumeric (lihat gambar 2).

Gambar 2 : Lembar Kerja Gnumeric

Pada bagian atas layar (1), pengguna akan menemukan Menubar yang berisi berbagai menu pulldown, yang telah dikelompokkan sesuai fungsinya. Menubar pada Gnumeric antara lain: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help. Di bawah menubar, akan dijumpai Toolbar Standar (2), yang berisi berbagai shortcut untuk fungsi yang sering digunakan. Setelah itu, pengguna akan menjumpai Toolbar Format (3), di bawah Toolbar Standar. Kemudian, pindah ke bawah Toolbar Format, akan dijumpai tempat untuk memasukkan data yang sering disebut Data Entry (4). Walaupun pengguna bisa memasukkan langsung isi sel langsung pada tempatnya, data entry ini akan sangat berguna pada saat kita bekerja dengan formula yang kompleks. Selanjutnya, pindah ke bagian kanan bawah layar, yang merupakan Daerah Informasi (5) sebagai pemberitahuan dari Gnumeric akan operasi yang dilakukan. Sekarang perhatikan bagian sisi kiri layar. Memanjang dari atas ke bawah sisi kiri layar Gnumeric, pengguna akan menjumpai Toolbar untuk Object (6) dan yang terakhir, di tengah-tengah layar, pengguna akan menjumpai daerah tempat Anda bekerja yang disebut Lembar Kerja/Spreadsheet (7).

 

Fasilitas pada Gnumeric

1)       Fasilitas Fungsi

Untuk memudahkan pekerjaan dan merupakan salah satu prasyarat spreadsheet  populer, Gnumeric juga dilengkapi fungsi-fungsi. Pengguna bisa mendapatkan referensi fungsi-fungsi di menu Help à Gnumeric à Function à Reference. Penulisan fungsi diawali dengan karakter sama dengan (=) dan diakhiri dengan pasangan kurung ( ) untuk

fungsi tanpa parameter. Berikut ini beberapa fungsi yang umum dipakai:

Gambar 3 : Contoh Fungsi Gnumeric

2)       Fasilitas Format

Format adalah hal yang sangat penting, mengingat seringkali sebuah spreadsheet digunakan untuk membuat laporan ataupun menyajikan data dalam tampilan yang menarik dan informatif. Bayangkan kasus ini, pengguna ingin melaporkan jumlah buku yang terjual beserta totalnya. Supaya lebih menarik, untuk menandakan jumlah buku, Pengguna menuliskan 1 buku, 2 buku, 3 buku, dan sebagainya. Hal ini, selain memperlama waktu kerja,  juga akan menyebabkan kesulitan ketika ingin menghitung total buku yang terjual. Untuk itu, pengguna cukup menuliskan jumlah tanpa embel-embel “buku” dan biarkan fasilitas Format  yang akan melakukannya untuk pengguna supaya tampilan menjadi lebih menarik dan informatif. Hal serupa juga berlaku pada mata uang, waktu, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fasilitas format sederhana : Pergilah ke satu sel yang kosong dan ketikkan angka 10 dan pengguna akan menjadikannya tertulis sebagai “10 buah”. Kemudian klik kanan di sel tersebut dan pilih Format Cells. Sebuah window akan dibuka untuk penggunaa. Pada tab Number, pergilah ke bagian Custom, dan pada entry yang tersedia, ketikkan 0 “buah”. simbol 0 di sini melambangkan bilangan yang dimasukkan. Maka secara otomatis data yang dimasukan akan berisi kata “buah”.

Gambar 4 : Contoh Format Cells

 

3)       Fasilitas Tabel Lookup

Bagi pengguna yang telah terbiasa dalam menggunakan Table Lookup di spreadsheet-spreadsheet populer, Gnumeric juga telah menyediakannya. Dalam makalah ini, penulis akan memberikan sedikit gambaran mengenai penggunaan Table Lookup. Cara penggunaan fasilitas Table Lookup ini sama dengan penggunaan pada Excel yaitu :

  1. Pengguna perlu membuat tabel referensi (bisa berupa horizontal ataupun vertikal). Buatlah tabel tersebut di mana saja, setelah tabel tersebut selesai, berikanlah nama dengan mengetikkan nama tabel tersebut di bagian yang sebaris dengan data entry di bawah toolbar yang biasanya berisikan informasi sel (A1, A2, B10, C4, dan sebagainya).
  2. Gunakan fungsi hlookup() ataupun fungsi vlookup() tergantung pada jenis tabel referensi yang tadi dibuat.

4)       Fasilitas Kalkulator

Sebagai sebuah spreadsheet, Gnumeric juga bisa berfungsi sebagai kalkulator. Cara yang termudah adalah dengan mengetikkan = (expresi) di sel yang diinginkan. Sebagai contoh:

Gambar 5 : Contoh Fasilitas Kalkulator

 

5)       Fasilitas AutoFill

Untuk memasukkan data berupa nomor urut, penggunaa bisa menggunakan fasilitas AutoFill. Sebagai contoh, jika ingin memasukkan nomor urut dari 1 sampai 10 dengan interval 1 dari sel A2 sampai A11, maka ketikkan angka 1 di sel A2, dan angka 2 di sel A3. Kemudian, bloklah dari A2 sampai A3. Blok dapat dilakukan dengan penekanan kombinasi tombol Shift  atau dengan operasi drag menggunakan mouse. Dalam keadaan masih terblok pada sel A2 dan A3, arahkan pointer mouse ke bagian kanan bawah daerah blok tersebut sampai pointer berubah menjadi tanda silang (+). Kemudian, drag-lah mouse ke bawah sampai sel A11. Jika pernah menggunakan AutoFill pada Excel, maka akan mendapatkan cara yang serupa. Sama seperti  dengan Excel, pengguna juga bisa memperbaiki isi sel dengan cara menekan tombol F2 di sel yang ingin diperbaiki.

 

Kelebihan Gnumeric

Gnumeric merupakan sebuah spreadsheet canggih yang memungkinkan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, mulai pengolahan angka sederhana sampai kompleks, operasi tabel sederhana sampai kompleks, sampai bekerja dengan statistika. Banyak kelebihan yang dapat dirasakan dengan menggunakan Gnumeric antara lain :

  1. Stabilitas. Gnumeric telah diuji dan digunakan oleh berbagai macam pengguna, dengan berbagai macam pekerjaan. Gnumeric telah siap untuk digunakan dalam lingkungan kerja produktif.
  2. Kompatibilitas. Ini adalah isu penting yang sangat sering dibicarakan. Tidak setiap orang atau lembaga, menggunakan spreadsheet yang sama. Oleh karena itu pula, Gnumeric dirancang untuk mampu membuka file XML (gnumeric), Microsoft Excel (versi 5 sampai XP), Lotus 1-2-3, Applix, Psion, Sylk, GNU Oleo, HTML, Plan Perfect, Quattro Pro, Dif, dan CSV. Gnumeric juga mampu untuk menyimpan dalam format Microsoft Excel (versi 5), XML (gnumeric), LaTeX, Troff, PDF, EPS, DVI, HTML dan format lainnya. Ekstensi file yang dihasilkan Gnumeric adalah .gnumeric yang merupakan file XML.
  3. Biaya perpindahan yang rendah. Mempelajari hal yang baru adalah proses yang bisa memakan waktu dan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, Gnumeric dirancang untuk memiliki antarmuka dan kompatibilitas dengan spreadsheet popular lainnya.
  4. Fitur yang memadai. Setiap pengguna ingin bekerja dengan mudah dan cepat. Gnumeric juga akan memanjakan pengguna dengan berbagai fitur yang memadai.
  5. Internasionalisasi. Gnumeric telah diterjemahkan ke dalam 29 bahasa dan telah digunakan secara  produktif.
  6. Skalabilitas. Siapapun bisa bekerja dengan Gnumeric, bahkan bagi pengguna yang memiliki komputer lama sekalipun. Aplikasi ini dirancang untuk tetap mampu berjalan pada komputer lama, sementara tetap bisa menampung dan bekerja dengan data yang cukup besar.

Penulis: Hardi Kristawan

Add / Follow me at Social Media : Facebook : Hardi Kristawan Twitter : @belumbernama E-mail : wayanhardi@gmail.com G+ : Hardi Kristawan Kontak Person : I Wayan Hardi Kristawan Br. Bengkel Kawan, Kediri, Tabanan, Bali 083117968626 PT. Iforte Solusi Infotek STIKI Indonesia

3 thoughts on “Software Pengolah Angka – Gnumeric

  1. Sangat bermanfaat🙂 thankyou

    Suka

  2. Ping-balik: Praktikum 1 Komputasi dengan GNUMERIC – Ki Soewarsono's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s