Hardi Wyn

What You See Is What You Get #sharing itu Indah

Berkenalan Dengan Netbeans & Java

Tinggalkan komentar

Dalam memudahkan pekerjaan wempi sehari-hari di Departemen HR wempi membuat program menggunakan Visual Basic 6 dengan database MySQL, untuk koneksinya wempi tidak menggunakan ODBC tetapi VBMySQDirect. Kalo jamannya wempi kuliah dulu dinamakan Pemrograman VB API, sekarang namanya mungkin masih sama.

Dengan program yang wempi buat tersebut, anggota yang dulunya memberikan laporan menggunakan Excel, dikirim via email, sekarang sudah bisa langsung diinput dari unit dan diolah secara komputasi. Tapi ada kelemahan dengan system ini yaitu program harus diinstal ke masing-masing anggota yang membuat wempi mesti keliling Indonesia untuk setting up dan instalasi, begitu juga jika ada pengembangan terhadap programnya – untuk hal ini untung bisa dibantu dengan remote desktop jadi gak perlu keliling Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terkadang susah banget buat diiringi, malah membuat wempi setiap harinya terus tertinggal, terbersit keinginan untuk membuat program tersebut menjadi berbasis web. Sayang seribu kali sayang program yang telah wempi buat saat ini mustahil bisa dikompile menjadi aplikasi berbasis web.

Java, ya… java. wempi pernah mendengar bahasa pemrograman ini dari adik kelas sewaktu kuliah. hanya saja belon sempat belajar di kampus karena keburu diwisuda. Dengan java, sekali bikin program  tuh program bisa jalan dimana saja, bisa di windows, linux dan lain-lain. Mau basis desktop, mau basis web, mau basis mobile pasti bisa!

Bagi teman-teman yang ngerti dan mahir bahasa C++ mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk bermigrasi ke Java, bagi wempi yang cuma ngerti VB, SQL, PHP terasa sulit banget boo.

Untuk memuluskan keinginan wempi tersebut, wempi segera meluncur ke  http://www.netbeans.org untuk mengunduh editor java yang katanya paling bagus diantara editor java yang ada di muka bumi ini.

NetBeans Download

Sesampai di tekapeh wempi rada kebingungan karena banyaknya paket yang ditawarkan untuk diunduh, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Yang mana nih yang mesti di unduh? dari pada puyeng-puyeng wempi unduh saja yang paket All.

Selesai unduh selanjutnya di install, but ada masalah lagi. NetBeans IDE hanya bisa diinstal jika JDK (Java Development Kit) sudah terinstal. Mabok dah… segera saja wempi mau tak mau harus meluncur ke http://www.sun.com untuk mengunduh JDK yang dimaksud. Kenapa Sun? karena Java emang dikembangkan oleh Sun Microsystem.

Lagi-lagi buanyak banget paketnya, bikin puyeng. Dari pada banyak mikir wempi unduh saja JDK with NetBeans – yang penting ada JDK nya.

JDK NetBeans

Setelah selesai kira-kira wempi sudah punya 2 buah file instalasi yaitu JDK with NetBeans dan NetBeans All.

JDK NetBeans Installer

Penulis: Hardi Kristawan

Add / Follow me at Social Media : Facebook : Hardi Kristawan Twitter : @belumbernama E-mail : wayanhardi@gmail.com G+ : Hardi Kristawan Kontak Person : I Wayan Hardi Kristawan Br. Bengkel Kawan, Kediri, Tabanan, Bali 083117968626 PT. Iforte Solusi Infotek STIKI Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s