Hardi Wyn

What You See Is What You Get #sharing itu Indah

Simbol Smiley atau Emotikon

Tinggalkan komentar

Untuk yang sudah biasa bermain internet simbol-simbol dan cara penggunaannya Smiley atau Emotikon mungkin sudah tidak asing lagi dari pendengaran mereka. Menurut unsur katanya, emotikon berasal dari dua suku kata, yakni emotion = emosi dan icon = tanda, yang digunakan dalam komunikasi melalui email, dialog forum, jejaring sosial, blog, dan lain-lain. Smiley atau Emotikon dipakai sebagai sarana komunikasi untuk mengekspresikan berbagai ide atau perasaan seseorang. Penggunaan Smiley atau Emotikonkini semakin populer ketika teknologi sudah semakin canggih dengan adanya Komputer dapat merambah di jagat maya sebagai media komunikasi berupa simbol khusus.

Smiley atau Emotikon mulanya digunakan oleh seorang jurnalis Franklin Loufrani kira-kira awal tahun 1970. Dia menggunakan simbol-simbol untuk mengkomunikasikan berbagai ekspresi terutama yang menyangkut kabar-kabar yang menyenangkan. Franklin Loufrani mempublikasikan simbol-simbol itu pada 1 Januari 1972 dan menamai simbol-simbol itu dengan sebutan Smiley. Sumber lain menyebutkan bahwa Smiley atau Emotikon pertama ditemukan oleh Scott Fahlman pada masa antara awal tahun 1981 dan pertengahan 1982Smiley atau Emotikon sebetulnya adalah simbol-simbol untuk mengekspresikan wajah dan jika kepala kita dimiringkan, maka akan terlihat jelas apa dari maksud simbol-simbol tersebut. Tapi dengan pesatnya teknologi, kini Smiley atau Emotikon tidak terlihat hanyalah sebuah simbol saja. Simbol-simbol yang kita ketik pada maka otomatis akan berubah sebuah gambar ekspresi yang sesuai dengan simbol-simbol tertentu yang sudah dirumuskan. Bahkan jika mengetik simbol-simbol tertentu pada program komputer seperti Microsoft Office Word, itu juga sama otomatis akan berubah asal pengaturan Auto Correct sudah diatur dengan benar. Sebagai contoh coba perhatikan Smiley atau Emotikon dibawah ini :

Simbol Teks Icon Teks Icon
 :)  :smile: :)  :lol: :lol:
 :(  :sad: :(  :oops: :oops:
 :o  :eek: :o  :cry: :cry:
 8O  :shock: 8O  :evil: :evil:
 :?  :???: :?  :twisted: :twisted:
 8-)  :cool: 8-)  :roll: :roll:
 :x  :mad: :x  :!: :!:
 :P  :razz: :P  :?: :?:
 :|  :neutral: :|  :idea: :idea:
 ;)  :wink: ;)  :arrow: :arrow:
 :D  :grin: :D  :mrgreen: :mrgreen:

Berkat kemajuan teknologi juga, sekarang Smiley atau Emotikon tidak hanya mengandung simbol-simbol tertentu saja, tapi dengan mengetik huruf-huruf/kata-kata tertentu maka itu juga otomatis akan berubah dengan ekspresi yang dimaksud, contoh KasKus Emoticon. Penggunaan emotikon awalnya dari keinginan untuk membuat komunikasi melalui komputer yang mampu menampilkan emosi-emosi para partisipan komunikasi itu. Smiley atau Emotikon fungsinya bukan menggantikan bahasa yang umum digunakan, melainkan hanya untuk melengkapinya atau mungkin untuk menambah keindahan gaya menulis saja. Dan biasanya Smiley atau Emotikon digunakan untuk lebih menjelaskan atau memberi tekanan dari apa yang disampaikannya.

Ada yang mau menambahkan … ? Silahkan pada kolom komentar dibawa …

Penulis: Hardi Kristawan

Add / Follow me at Social Media : Facebook : Hardi Kristawan Twitter : @belumbernama E-mail : wayanhardi@gmail.com G+ : Hardi Kristawan Kontak Person : I Wayan Hardi Kristawan Br. Bengkel Kawan, Kediri, Tabanan, Bali 083117968626 PT. Iforte Solusi Infotek STIKI Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 3.093 pengikut lainnya